Perfect World Online Spear Thingy

Monday, November 10, 2014

Hotspot Area


Sejak awal bulan Nopember 2011, MTs Nurul Huda Raji banyak menambah fasilitas IT-nya dengan membangun jaringan internet nirkabel (jaringan Wifi). Jangkauan sinyal yang dipancarkan dari wirelles router server mampu menjangkau gedung Madrasah yang berjarak 300 meter. Di gedung Madrasah ini kemudian sinyal wirelles diterima perangkat Acces point untuk kemudian sebarkan kembali ke jaringan komputer di gedung Madrasah melalui switch sekaligus wifi. Kini kebutuhan akses internet dapat dilakukan oleh guru dan siswa disemua area MTs Nurul Huda Raji tanpa perlu direpotkan oleh jaringan kabel. 



Secara teknis operasional, Wi-Fi merupakan salah satu varian teknologi komunikasi dan informasi yang bekerja pada jaringan dan perangkat WLANs (wireless local area network). Dengan kata lain, Wi-Fi adalah sertifikasi merek dagang yang diberikan pabrikan kepada perangkat telekomunikasi (internet) yang bekerja di jaringan WLANs dan sudah memenuhi kualitas kapasitas interoperasi yang dipersyaratkan.
Wi-Fi, adalah koneksi tanpa kabel seperti handphone dengan mempergunakan teknologi radio sehingga pemakainya dapat mentransfer data dengan cepat dan aman. Wi-Fi tidak hanya dapat digunakan untuk mengakses internet, Wi-Fi juga dapat digunakan untuk membuat jaringan tanpa kabel di perusahaan.
Karena itu banyak orang mengasosiasikan Wi-Fi dengan “Kebebasan” karena teknologi Wi-Fi memberikan kebebasan kepada pemakainya untuk mengakses internet atau mentransfer data dari ruang meeting, kamar hotel, kampus, dan café-café yang bertanda “Wi-Fi Hot Spot”.
Salah satu kelebihan dari Wi-Fi adalah kepraktisan,tidak perlu repot memasang kabel network. Untuk masalah kecepatan tergantung sinyal yang diperoleh karena perangkat ini menggunakan teknologi radio maka untuk dapat menggunakannya dari jarak yang cukup jauh dan dengan sinyal yang memadai maka perangkat wi-fi harus ditambahkan dengan Antena luar.
Antena ini sebagai penguat Transmitter dan Receiver signal Wi-Fi. Jenis antena wi-fi banyak ragamnya, pemilihan tipe/jenis dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.
Wi-Fi bekerja pada frekuensi sama dengan Bluetooth yaitu pada 2,4 Ghz, namun bedanya Bluetooth menggunakan spread spectrum frequency hopping (SSFH), sedangkan Wi-Fi menggunakan direct sequence spread spectrum (DSSS) lihat issue sekitar wireless technology.
Intinya spread pada Wi-Fi akan lebih stabil dan tentunya lebih cepat dibandingkan dengan Bluetooth . Wi-Fi memiliki kelemahan yang sangat menganggu seperti masalah keamanan yang dapat di bajak ditengan jalan, dan rentan terhadap konflik dengan perangkat lain dalam waktu yang bersamaan misalnya dengan perangkat memasak seperti Microwave Open.

0 comments :

Post a Comment